Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Aturan Sederhana Pemilihan Kepala Daerah

Kepala daerah sudah sejak lama di pilih langsung oleh rakyat daerah. Dimana tujuannya adalah supaya rakyat daerah tahu betul siapa yang berhak menjadi pemimpin diderahnya yang bisa membawa daerahnya maju dan berdaya saing tinggi. Untuk itulah MaoliOka ingin sedikit berbagi catatan, yaitu catatan  Aturan Sederhana Pemilihan Kepala Daerah. Supaya setiap pemilih mengetahuinya dengan mengtahuinya taidak akan ada lagi kesalahpahaman.

Silahkan disimak juga Inilah Partisipasi Rakyat Indonesia dalam sistem Politik Indoensia

Ini Aturan Sederhana Pemilihan Kepala Daerah


Kepala daerah dan wakil kepala daerah dipilih dalam satu pasangan calon yang dilaksanakan secara demokratis berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Calon kepala daerah dan wakil kepala daerah adalah warga negara Republik Indonesia yang memenuhi syarat tertentu.

Pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang memperoleh suara lebih dari 50 % (lima puluh persen) jumlah suara sah maka ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih. Apabila ketentuan tersebut tidak terpenuhi, pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang memperoleh
suara lebih dari 25% (dua puluh lima persen) dari jumlah suara sah, pasangan calon yang perolehan suaranya terbesar dinyatakan sebagai pasangan calon terpilih.

Apabila tidak ada yang mencapai 25 % (dua puluh lima persen) dari jumlah suara sah, dilakukan pemilihan putaran kedua yang diikuti oleh pemenang pertama dan pemenang kedua. Pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang memperoleh suara terbanyak pada putaran kedua dinyatakan sebagai pasangan calon terpilih.

Gubernur dan wakil gubernur dilantik oleh Menteri Dalam Negeri atas nama presiden dalam sebuah sidang DPRD provinsi. Bupati dan wakil bupati atau wali kota dan wakil wali kota dilantik oleh gubernur atas nama presiden dalam sebuah sidang DPRD kabupaten atau kota.

Demikian tentang  Aturan Sederhana Pemilihan Kepala Daerah, semoga bermanfaat dan menjadikan kita semuanya paham siapa nantinya yang akan menjadi pemimpin kita.

Posting Komentar untuk "Ini Aturan Sederhana Pemilihan Kepala Daerah"