Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerakan - Gerakan Dasar Softball

Gerakan - Gerakan Dasar Softball-MaoliOka. Setelah sebelumnya berbagi tentang persiapan dan kelengkapan bermain softball kali ini MaoliOka ingin berbagi seputar gerakan - gerakannya. Apa saja gerakan dalam softball.
Berikut MaoliOka berbagi.

1. Cara Pegang stick (pemukul) dalam permainan softball

Memegang alat pemukul saat bermain softball dengan benar sangatlah penting. Jangan sampai saat permainan berlangsung alat pemukul terlempar, terlepas dari tangan apalagi sampai mengenai pemain lain.
Berikut adalah caranya.

Alat pemukul (stick) dipegang dengan kedua tangan kuat dan tidak kaku, pegangan tangan pada stick dapat di bagian bawa, tengah atau bagian atas areal pegang stick.


2. Melempar dan Menangkap Bola

Melempar bola dengan mengayunkan tangan kanan, bersamaan dengan melangkahkan kaki ke depan beserta badan ikut menghantarkan bola. Teknik menangkap bola berdiri dengan posisi kaki selebar bahu pandangan lurus ke arah datangnya bola, bola ditangkap tangan yang memakai glove lalu di pindahkan ke tangan kanan untuk melempar.






3. Menangkap Bola Lemparan Bawah

Lemparan bawah bisanya di gunakan dalam keadaan darurat dan dilakukan dalam waktu yang cepat, posisi tubuh membungkuk dengan kedua kaki ditekuk.







4. Lemparan Sajian (Pitching)


a. Bola dipegang dengan satu tangan.
b. Posisi tubuh menghadap kearah batter (pemukul).
c. Posisi tangan harus berada dibawah pinggang.
d. Ayunan tangan sambil melangkahkan kaki ke depan kearah batter.
e. Gerakan lemparan tidak boleh terputus-putus.
f. Pitcher hanya punya waktu 20 detik untuk lemparan berikutnya.







5. Berlari Menuju Base

Pemukul yang telah berhasil melakukan pukulannya segera berlari menuju base 1 dan selanjutnya jika masih memungkinkan menuju ke base 2 dan seterusnya.





6. Sliding

Adalah gerakan meluncur dengan menjatuhkan badan guna menghindarai ketukan bola oleh penjaga base. Setelah dapat mendekati base yang dituju memindahkan berat badan kebelakang dengan menjatuhkan badan bersamaan dengan salah satu kaki dijulurkan ke arah base.






Demikian Gerakan - Gerakan Dasar Softball yang bisa MaoliOka bagikan jika ada yang ditambahkan silahkan. Semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "Gerakan - Gerakan Dasar Softball"